REVIEW: 101 Creative Notes

camera_Tony_Nolariod

Buku kedua dari Yoris Sebastian ini cukup lumayan menginspirasi, meskipun hanya poin-poin basic saja yang dijelaskan tapi cukup mengena. Untuk uraiannya lebih panjang ya bisa kita cari dari experience, right? (“If you learn by the book, you are the people. If you learn by experience, you are the master.”- Creative Junkies). Isinya ya tentang how to be creative. Mungkin sudah sering kita melakukannya namun gak menyadarinya. Bagi yang bekerja di bidang kreatif pasti tau, namun pasti sedikit juga yang melakukannya. hahaha…Ide-ide kreatif/baru bukan hanya untuk seniman, desainer, arsitek,dll tapi semua bidang juga butuh ide. Apalagi seorang pemimpin, sangat penting, tanda ide-ide kreatif ya kita stagnan..berjalan di tempat, masih untung tetap, biasanya karena gerakan itu pasti ada efeknya kalau gak maju ya mundur (beberapa mm) :D. Di dalam buku pertamanya OMG: Creative Junkies penjelasannya lebih detail, ada pertanyaan-pertanyaan untuk kita jawab sebagai evaluasi. Di buku ini cuma poin-poin saja..

4. Creativity is a Skill (jadi inget poin pertama di Creative Junkies, “Creativity is a habit, Not Genetic.” *skakmat!* 😀 true..yang gak kreatif itu biasanya ya malas.

5. Break Your Routine. (…), 8. Fixed Schedue (orang kreatif juga harus tepat waktu :), 9. Work in Different Areas (yeah, i do it sometimes..:), 26. Reading Book (yeah,get inspirations!),  35. Record Your idea (yes, it’s true..ide itu datangnya kadang sekonyong-konyong,kalau saya sekarang menyediakan notebook saku dibawa kemana-mana,kadang muncul ide bagus,catat dulu,kembangkan nanti,it works!), 38. Analyze Something (bisa belajar banyak dari analisis tersebut), 39. Calculated Risk Mentality (“Nothing is riskier than not taking the risk”, oh ya..belum ini,haha..)

48. Believe in Process (YES)

58. Try a different angle (i like this)

82. 70:20:10 (i like this idea,,what is it?ah just read the book ya)

84. Fight Your Feeling, Not Your Body

86. Working without seeing the clock ( saya mencobanya hari ini…berhasil..tak terasa..,caranya?jam di laptop/komputer dihide saja,ga usah liat jam tangan/dinding…tapi jangan sampai lupa kalau ada janji ya,bisa fatal :D),try it!

96. Ignore Trend (yeah terkadang harus dilakukan)

97. Imagination is King (“People with ideas is (now) more powerful than people with machine.”).yeah..

100. Anti Establised

Ini ada kalimat yang jleb bgt, “karena begitu kita established, kalau tidak hati-hati kreativitas mulai terkikis dimakan terlalu banyak peraturan berdasarkan pengalaman yang ada.”)hohoho…

Yah buku yang bagus bagi yang punya pikiran positif,…bukan hanya mengambil quote-nya yang bagus,tapi DO IT lebih penting, cara-cara kreatif pasti akan menghasilkan ide yang kreatif pula. IMO

Manusia berusaha. Tuhan yang menentukan.

2 thoughts on “REVIEW: 101 Creative Notes

  1. Loh, kreativitas itu dibatasi atau dengan aturan2 itu juga menarik kok… Ono batesan jelas. Batasan kui kadang ono manfaate. Misal buat mengirit atau menghemat tenaga. Cobo nek kon njegur neng semogoro luas tanpa batas daratane ono neng ndi… Kesel nentuke arah dan menuju daratane. Atau bangunan kotak material pabrikasi, kotak tapi tetep manis dan kreatif iso kan? Hahahhhaa. Sekian.

    • iyo..iyo..bener,ini kan saya cuma mengutip tulisan dari bukunya.
      Bener, iku fel,,biar tidak disalahgunakan kebebasan yang melanggar hak/ merugikan orang lain..intinya aturannya jgn sampe terlalu mengekang. Sip. 😀

Leave a comment